Memiliki Tim Kerja Sesuai Visi Misi Melalui Coaching

Alangkah senang dan indahnya bagi seorang leader, bila memiliki sebuah tim yang solid. Tim yang bekerja dan berjalan sesuai dengan visi dan misi yang ingin dicapai. Namun realitanya, membangun sebuah tim tidak semudah yang dibayangkan. Seorang leader harus tahu kunci menyatukan tiap anggota yang tentunya berbeda-beda dan memiliki ego masing-masing.

Ada yang berhasil menciptakan sebuah tim solid dan efektif dalam waktu singkat. Ada yang butuh waktu lama untuk bisa menciptakan kekompakan. Namun, ada juga yang sulit menciptakan tim yang bisa bekerja sama dengan baik.

Lalu bagaimana caranya memiliki tim kerja yang sesuai dengan visi dan misi? ada beberapa cara yang bisa Anda coba, antara lain :

#1 Ciptakan Lingkungan dan Kondisi Kerja yang Kondusif

Bagaimana lingkungan dan kondisi kerja di perusahaan Anda? Jangan sepelekan hal ini, karena turut menentukan terciptanya tim yang solid. 

Lebih dari itu, survei membuktikan bahwa kondisi kerja kondusif jadi salah satu penentu karyawan betah atau tidak untuk suatu pekerjaan. 

Jadi, perhatikan dan perbaiki lingkungan kerja Anda. Salah satu catanya bisa dengan melakukan transformasi budaya di dalam perusahaan atau divisi.

#2 Jalin Komunikasi yang Baik
Seseorang tidak bisa bkerja sama dalam tim, bisa jadi karena dirinya belum mengenal secara dekat para anggota dalam tim. Untuk itu, Anda selaku pemimpin harus tahu baaimana menyatukan anggota.

Jangan sampai menciptakan sekat antara angggota dalam tim. Jalin komunikasi yang baik dan efektif dengan seluruh anggota tim. Tujuannya menciptakan suasana kekeluargaan dalam satu tim.

#3 Buatlah Tim yang Terstruktur
Jika perusahaan Anda mmemiliki struktur organisasi yang jelas, maka kerja tim juga akan lebih terstruktur dan solid. Tiap anggota akan fokus pada job desk masing-masing.

Pekerjaan yang merangkap, berisiko menciptakan permasalahan di kemudian hari. Untuk itu, buatlah sebuah struktur dan strategi yang tepat untuk tim Anda.

Bagaimana menurut Anda?